Cara Mudah Memasang Ads.txt Di Blog Lengkap Dengan Pengertiannya

Ngenelo.com - Apa itu ads.txt? Well, banyak blogger-blogger yang merasa bingung dan khawatir dengan notifikasi ads.txt di dashboard AdSense-nya. Awalnya saya juga merasa bingung, apalagi akhir-akhir ini iklan di blog saya nggak muncul dan penghasilan blog saya jauh menurun dari sebelumnya.

Saya mencoba berpikir positif, mungkin orang-orang lagi mudik atau sibuk beres-beres rumah untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Namun, kemudian saya mendapati ada notifikasi Ads.txt tersebut.


Ads.txt singkatnya adalah script yang harus kita pasang di blog dengan tujuan supaya penghasilan dari AdSense kita aman. Ya persyaratan dari Google untuk para publisher-nya lah.

Ads.txt apa perlu diikuti/dipasang?

Ya diikuti dong. Pokoknya apa yang Google suruh, lakukan. Jangan bandel kalau nggak mau terjadi apa-apa dengan AdSense atau blog kita.

Lalu bagaimana memasang Ads.txt?

Sebenarnya cara memasang Ads.txt itu sangatlah mudah, kita aja yang udah panik duluan dapat notifikasi begitu. Berikut cara memasang/membuat file Ads.txt pada blog kamu:

Buka dashboard blog, kemudian masuk ke menu pengaturan - search preferences. Setelah itu cari di bagian monetisasi paling bawah Ads.txt kemudian ubah disable menjadi enable, nanti akan muncul kolom yang harus kamu isi.

Isi kolom tersebut dengan:
google.com, pub-93999393748389393, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Catatan:
1. Kamu harus mengganti pub-93999393748389393 dengan ID penayangan kamu sendiri yang bisa kamu temukan pada kode iklan.

2. Kode f08c47fec0942fa0 tidak perlu kamu ganti, itu adalah kode yang diberikan oleh Google.

Informasi tambahan:

Pada setiap kode harus dipisah dengan tanda koma dan spasi (, )

Pada kode berwarna biru adalah nama domain dari sistem periklanan yang wajib diisi, google.com merupakan nama domain kanonis sistem SSP, bursa, header wrapper, tempat bidder terhubung dan sebagainya. Untuk akun penjual Google, nama domain akan selalu google.com dan wajib diisi.

Pada kode berwarna merah adalah  ID penayangan dari AdSense kamu sendiri. Jangan pakai ID KTP, karena ya percuma. ID penayangan bisa kamu temukan pada kode iklan kamu. Kode ini sangat wajib kamu isi.

Sedangkan kode yang berwarna hijau (DIRECT) adalah jenis akun/hubungan. DIRECT menunjukkan bahwa pemilik konten/blogger mengontrol secara langsung akun AdSense. Ini menunjukkan bahwa antara pemilik akun dan sistem periklanan memiliki kontrak bisnis langsung tanpa perantara.

Namun jika pemilik akun mempunyai entitas lain untuk mengontrol akun AdSense tersebut, harus menggunakan kode RESELLER. Misalnya akun Ad Manager yang menggunakan sistem partner atau perantara yang mana adalah inventaris yang tidak dikelola langsung oleh akun.

Dan yang terakhir kode berwarna pink adalah ID otoritas sertifikat yang sifatnya opsional atau tidak wajib.

Setelah kamu mengikuti cara-cara di atas, kamu mesti menunggu 24 jam untuk kode Ads.txt aktif. Dan kalau beruntung bisa kurang dari itu.

Nah itu dia cara memasang Ads.txt di blog lengkap dengan pengertiannya. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang bingung dan khawatir dengan iklan yang nggak muncul atau penghasilan yang menurun.