Cara Mudah Merubah Warna Header, Post-Body, Postingan Populer, Footer Pada Template Viomagz

Ngenelo - Pada sebuah blog, tampilan merupakan suatu komponen wajib yang harus diperlakukan secara istimewa agar pengunjung bisa betah dan kembali mengunjungi blog kita.

Tampilan pada blog sama halnya dengan kualitas dan rasa masakan di restoran. Kalau rasanya nikmat, penyajiannya bagus, pengunjung pasti ingin kembali lagi.

Pada kesempatan kali ini, ngenelo akan membuat artikel tentang cara merubah warna header, post body, postingan populer, footer, dan lain-lain pada template Viomagz, dan juga bisa digunakan pada template yang lain.

Cara ini merupakan cara yang saya gunakan untuk merubah tampilan pada blog ngenelo. Terlihat warna dari header, posingan populer sudah berganti dari warna biru langit menjadi warna ungu janda.



Sebenarnya cara merubah warna pada blog Viomagz buatan Mas Sugeng ini sangat mudah, namun nyatanya dulu saya sempat kesulitan melakukannya.

Setelah bertanya di grup Blogger, searching di Google, dan sedikit eksperimen, akhirnya saya berhasil merubah tampilan blog ngenelo menjadi sedikit "wah" dan terlihat tidak pasaran.

Dulu saat pertama mencoba, saya mengotak-atik HTML pada tema, tapi ternyata sangat melelahkan dan prosesnya lama banget.

Setelah itu ada teman di grup Blogger yang memberi saran kepada saya agar memainkan Inspect Element.

Wah apa itu Inspect Element? Inspect Element adalah sebuah metode untuk mengedit, merubah, dan mengganti kode HTML atau CSS dari sebuah tampilan website.

Cara memainkan Inspect Element adalah:

1. Arahkah kursor ke bagian yang ingin kamu rubah warna, font size, ataupun jenis font-nya.

2. Klik kanan dan lihat pada pilihan paling bawah ada tulisan Inspect, lalu klik.

3. Setelah itu pada bagian kanan layar monitor kamu terdapat kolom yang berisi elemen-elemen atau kode html yang ada pada blog kamu.

Merubah Warna Header Dan Semua Warna Dasar Pada Template Viomagz

Cara merubah warna header, postingan populer, dan warna dasar pada template Viomagz adalah cari kode warna dari warna tampilan blog kamu saat ini. Misalkan warnanya DeepSkyBlue atau kodenya 00BFFF.

Kemudian buka Tema pada kolom sebelah kiri di beranda blog - Edit HTML - klik di mana saja di dalam kode html blog, sebelum itu jangan lupa html-nya di-backup just in case kamu salah atau mengacaukan kode html-nya.

Setelah kamu mengklik dan kursor berkedap-kedip, tekan CTRL - F, dan akan muncul kolom pencarian di sebelah atas kanan.

Ketik pada kolom pencarian tersebut kode warna dari warna tampilan header, postingan populer atau warna dasar dari blog kamu.

Kemudian kode warna yang kamu ketik tadi akan ter-fill dengan warna kuning. Ganti seluruh kode warna tersebut dengan kode warna yang kamu inginkan. Setelah semua selesai, klik simpan tema.

Sekarang warna dari header, postingan populer, dan warna dasar dari blog kamu sudah berubah dengan tampilan yang lebih segar.

"Untuk merubah warna post-body atau warna dari artikel yang kamu tulis, yang biasanya berwarna abu-abu muda, lakukan hal yang sama dengan cara di atas. Intinya mainkan Inspect Element!"

Merubah warna atau tampilan pada sebuah blog itu dibutuhkan fokus, kemauan, dan kesabaran agar hasilnya bisa memuaskan. Bukan hanya kita, tetapi juga pengunjung yang datang.

Nah cukup sekian tutorial merubah warna header, postingan populer, dan lain-lain yang bisa saya bagikan. Semoga bisa memudahkan bagi teman-teman yang masih merasa kesulitan.

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel