Cara Ini Terbukti Ampuh Membersihkan Noda dan Kerak Hitam Pada Wajan


Ngenelo - Wajan adalah peralatan dapur yang keberadaannya sangat vital bagi ibu-ibu atau bahkan semua orang. Namun apa jadinya kalau wajan yang biasa digunakan memiliki noda dan kerak hitam membandel? Risih banget pasti ya.

Noda dan kerak hitam yang ada pantat wajan disebabkan oleh suhu api yang tidak sesuai dengan semestinya. Bisa jadi karena kamu menyalakan api terlalu besar atau masih menggunakan tungku dan kompor minyak tanah.

Selain itu noda dan kerak hitam pada pantat wajan bisa juga disebabkan oleh proses memasak yang terlalu lama. Selain menyebabkan wajan terlihat kotor dan tidak enak dipandang, biasanya juga menimbulkan aroma yang tidak sedap. Tapi tenang saja, pada artikel ini, Ngeneloo akan membagikan berbagai cara ampuh untuk membersihkan noda dan kerak hitam pada wajan.

Cara Ampuh Membersihkan Noda dan Kerak Hitam Pada Wajan

1. Menggunakan Abu Gosok

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda dan kerak hitam pada wajan adalah dengan menggunakan abu gosok. Kamu bisa mendapatkan abu gosok di warung-warung, namun kamu bisa juga menggunakan abu bekas kayu bakar.

Caranya adalah campur abu gosok dan air hingga membentuk adonan. Setelah itu gosok ke permukaan wajan yang kotor dan berkerak. Ulangi hingga beberapa kali hingga terlihat bersih, lalu bilas dengan air bersih.

2. Dimasukkan Ke Kulkas


Selain dengan abu gosok, membersihkan noda dan kerak hitam pada wajan bisa dengan cara sederhana ini. Yaitu dengan memasukkan wajan kamu ke dalam kulkas hingga membeku, tentu saja cara ini hanya berlaku pada wajan dengan ukuran kecil. Setelah wajan dirasa sudah membeku, bersihkan kerak dan kotoran yang ada pada wajan dengan skrup atapun pisau. Setelah itu cuci dengan sabun dan bilas hingga bersih.

3. Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda dan kerak hitam pada wajan adalah dengan merendam wajan dengan air panas dan ditambahkan dengan sabun cuci piring seperti Mama Lemon ataupun Sunlight setelah kamu menggunakan wajan untuk memasak. Setelah direndam selama beberapa jam, kamu bisa menggosok pantat wajan dengan sabut kelapa ataupun sabut kasar.

4. Menggunakan Cuka Makan

Seperti yang kita tahu, cuka memiliki kandungan asam asetat yang terbukti ampuh untuk mengangkat kerak hitam pada wajan. Kamu hanya perlu menyiramkan cuka pada bagian wajan yang hitam, lalu diamkan selama beberapa menit. Lalu kamu bisa menggosok bagian yang telah disiram dengan air cuka tadi. Setelah selesai, kamu bisa mencuci dengan sabun cuci piring hingga bersih.

5. Menggunakan Baking Soda dan Air

Selain untuk membuat kue, ternyata baking soda memiliki kelebihan untuk membersihkan noda dan kerak hitam pada wajan. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu mencampur baking soda dengan air, kemudian oleskan pada bagian wajan yang berkerak dan kotor, diamkan beberapa saat, setelah itu gosok dan bilas dengan sabun cuci piring hingga bersih.


6. Membuat Pasta Pembersih Sendiri

Jika kerak di dasar wajan sudah terlalu parah, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat pasta pembersih wajan sendiri. Bahan dasarnya sangat mudah ditemukan, dan membuatnya pun juga mudah. Kamu hanya perlu mencampur baking soda dengan air perasan jeruk nipis.

Oleskan pasta ini ke dasar wajan yang gosong atau berkerak, kemudian diamkan selama kurang lebih 10-15 menit hingga pasta mengering. Setelah itu, panaskan wajan yang telah diisi air selama kurang lebih 10-15 menit.

Saat memanaskan air, kamu diperbolehkan untuk mengaduk-aduk airnya. Namun, pastikan kamu mengaduknya dengan menggunakan spatula yang tidak merusak wajan. Fokuskan adukan ke bagian dasar wajan, namun jangan terlalu kencang.

Setelah itu mematikan kompor, biarkan wajan selama seharian atau semalam penuh. Setelah itu kamu bisa mencuci wajan menggunakan pencuci piring seperti biasa.


7. Menggunakan Jeruk Nipis


Selain untuk dikonsumsi, jeruk nipis juga berkhasiat untuk membantu membersihkan wajan dari kerak hitam. Caranya cukup mudah. Pertama-tama, didihkan air dan letakkan di ember yang cukup besar untuk menampung wajan kamu.

Setelah itu, tuangkan campuran sabun pencuci piring dan jeruk nipis, aduk hingga rata. Rendam wajan berkerak hitam selama beberapa jam atau semalaman. Pada pagi hari, kamu akan dimudahkan untuk mencuci wajan itu. Kamu bisa menggosok bagian yang gosong hingga bersih.

8. Menggunakan Coca-cola

Cara yang terakhir ini mungkin terlihat aneh dan tidak wajar. Coca-cola bisa membersihkan kerak waja? Gimana caranya? Pertama-pertama kamu harus merendam wajan ke dalam air coca-cola selama beberapa jam. Tentu saja coca-cola yang diperlukan tidak sedikit. Setelah selesai direndam, gosok pantat wajan yang berkerak menggunakan sikat hingga bersih.

Mengurangi Resiko Kerak Hitam Pada Wajan

Setelah kamu membersihkan noda dan kerak hitam pada wajan, kamu bisa mengoleskan minyak makan atau minyak sayur pada pantat wajan agar tampilannya lebih berkilau dan juga mengurangi resiko wajan berkerak hitam akibat gosong.

Nah itu dia beberapa cara ampuh membersihkan noda dan kerak hitam pada wajan. Tentu saja kamu tidak perlu repot-repot lagi dan merasa kesulitan. Cara yang kami bagikan di atas sangat mudah dipraktekkan di rumah.

Apabila noda dan kerak hitam pada wajan sudah memprihatinkan, kamu bisa mencoba menggabungkan cara-cara di atas menjadi satu. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel