Fungsi, Manfaat, Kegunaan Bakteri Mikroba MR-08, "Sang Penyelamat" Sungai Citarum

Shinny Peanut
Ngenelo - Beberapa hari yang lalu, Satgas Citarum menebar 150 jerigen berisi bakteri MR-08 di sepanjang aliran sungai Citarum di dekat jembatan Rancamanyar kelurahan Balai Endah kabupaten Bandung. Sebagai orang awam yang minim pengetahuan tentang bakteri, awalnya saya berpikir, "Lah kok, bakteri dibuang ke sungai? Ikan-ikan nggak pada mati apa?".

Tapi ternyata setelah diberi penjelasan oleh Satgas Citarum dan membaca sedikit tentang bakteri MR-08, saya jadi paham kalau bakteri itu ada yang baik dan ada yang jahat.

Jadi penggunaan bakteri MR-08 ini bertujuan untuk pengelolaan sungai Citarum agar warna dan kualitas dari air sungai menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Adapun cara kerja bakteri MR-08 ini adalah dengan mengurai zat-zat kimia berbahaya yang berasal dari limbah rumah tangga dan pabrik industri yang ada di sekitaran sungai.

Setelah bakteri mikroba MR-08 bekerja dengan baik, akibat yang akan dirasakan oleh masyarakat sekitar adalah baku mutu air sungai atau kualitasnya jadi lebih baik, dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan mandi, cuci, kakus. Selain itu, karena kualitas air jadi membaik, maka ikan-ikan bisa hidup dengan baik. Karena untuk saat ini, hanya ikan sapu-sapu yang bisa bertahan hidup di sungai Citarum.

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel