Masa Aktif Kartu ATM Cimb Niaga Habis? Jangan Khawatir, Ikuti Cara Ini!

https://www.ngenelo.com/2019/10/perpanjang-masa-aktif-kartu-atm-cimb-niaga.html

Ngenelo - Beberapa hari yang lalu saya berniat menarik sejumlah uang di ATM Cimb Niaga yang letaknya lumayan jauh dari rumah. Sesampainya di ATM, saya langsung bergegas ke dalam dan memasukkan kartu ATM Cimb Niaga ke dalam mesin. Tapi setelah pin dimasukkan, tertulis di layar "Kartu ATM anda sudah habis, silahkan perpanjang di kantor Cimb Niaga terdekat". Wah kasus ini, padahal lagi butuh-butuhnya uang. Akhirnya dengan penuh kekecewaan, saya pulang ke rumah. Sepanjang jalan saya mikir, apa uang transferan bakal masuk atau nyasar ke rekening orang ya? Ditambah saat itu weekend pula, bank pasti tutup.

Kartu ATM Ternyata Bisa Expired atau Kadaluarsa

Kartu ATM yang saya gunakan itu memang sudah lama dibuat, kalau nggak salah sekitar tahun 2014, dan saya nggak tahu kalau kartu ATM ternyata bisa kadaluarsa. Untung saja untuk perpanjang masa aktif kartu di Cimb Niaga tidak dikenakan biaya sepeserpun, jadi aman. Kalau bank BRI kabarnya dikenakan biaya kalau terlambat memperpanjang masa aktif kartu.

Untuk memeriksa tanggal kadaluarsa kartu ATM, biasanya ada tanggal di bagian depan kartu. Di situ tertulis tanggal, bulan, dan tahun.

Keesokan harinya, saya langsung meluncur ke kantor cabang Cimb Niaga di Jl. Tuanku Tambusai - Pekanbaru, untuk proses memperpanjangnya saya rasa nggak ribet. Awalnya ambil nomor antrian, kemudian duduk, Alhamdulillah saat itu antrian nggak ada (atau memang pengguna Cimb Niaga nggak banyak?).

Setelah nomor antrian saya dipanggil, mbak teller menanyakan masalah yang saya hadapi, lalu saya jawab "Kangen, mbak. Tapi yang dikangenin nggak tau siapa", eh saya diusir.

Nggak, just kidding. Mbak-mbak teller Cimb Niaga ramah-ramah kok. Setelah saya menjelaskan bahwa masa aktif kartu ATM saya sudah habis, teller langsung menanyakan KTP dan data pribadi yang saya isi saat pembuatan kartu 5 tahun yang lalu. Mulai dari nama lengkap, pekerjaan, nomor handphone, nama orang tua (kalau nggak salah, lupa cuk), penarikan terakhir, dan nominal terakhir yang ada di ATM kamu.

Setelah semua data sudah benar, teller langsung mengeluarkan kertas berisi formulir perubahan alamat atau pekerjaan dan kartu ATM baru. Pada bagian ini saya sempat mengulang 2 kali karena tanda tangan beda dengan yang di KTP. Pelajaran nih, tanda tangan jangan ribet-ribet, nanti ke depannya bakal susah.

Nah akhirnya proses selesai, kartu ATM saya sudah diperpanjang dan diganti dengan kartu ATM yang lebih fresh. Seperti yang saya bilang di awal, untuk perpanjang kartu ATM Cimb Niaga nggak dikenakan biaya sepeser pun, namun jika hilang/rusak akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000,-

Kalau untuk perpanjangan atau pergantian kartu selain bank Cimb Niaga, menurut situs simulasikredit.com, biayanya sebagai berikut:

Bank BCA

• Biaya pembuatan/pergantian kartu Silver Rp 10.000
• Biaya pembuatan/pergantian kartu Gold Rp 15.000
• Biaya pembuatan/pergantian kartu Platinum Rp 20.000
• Biaya pembuatan/pergantian kartu Expresi Rp 25.000
• Biaya pembuatan/pergantian kartu Tapres Rp 15.000

Bank BRI

• Biaya pembuatan/pergantian kartu Rp 15.000
• Gratis apabila kartu diperpanjang sebelum tanggal kadaluarsa

Bank Mandiri

• Biaya pembuatan/pergantian karena kartu hilang atau rusak Rp 15.000
• Gratis pergantian dan perpanjang kartu karena sudah kadaluarsa dan juga tertelan mesin ATM

Bank BNI

• Biaya pembuatan/pergantian kartu Gold Rp 20.000
• Biaya pembuatan/pergantian kartu Platinum Rp 25.000

Bank BNI Taplus Muda

• Biaya pembuatan/pergantian kartu karena hilang atau rusak Rp 25.000

Nah, untuk berkas-berkas yang perlu kita bawa saat memperpanjang kartu ATM adalah:

• Kartu ATM yang sudah kadaluarsa
• Buku tabungan sebagai bukti bahwa kamu adalah pemilik dari kartu ATM tersebut
• Kartu tanda pengenal seperti SIM atau KTP
• Uang parkir

Bagaimana? Nggak terlalu sulit kan untuk perpanjang kartu ATM yang sudah kadaluarsa? Suka artikel ini? Bagikan ke teman-teman kamu dengan mengklik tombol sosial media yang ada dibawah. Terima kasih, semoga bermanfaat!

 jangan lupa untuk berkunjung lagi ke website NGENELO.COM