20 Macam Genre Musik Lengkap Dengan Pengertian Dan Contohnya


20 Macam Genre Musik - Mungkin sebagian dari kita hanya mengenal genre musik yang sedang hits atau yang banyak didengar, seperti Pop, Rock, Jazz, atau bahkan Dangdut, namun sebenarnya genre musik itu ada banyak, kalau yang terkenal ada 20 genre atau aliran musik.

Di zaman modern seperti sekarang ini, musik seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Contohnya, mau makan harus dengarkan musik, mau pakai baju putar musik, bahkan mandi-pun dengerin musik. Jadi nggak heran kalau ada yang mengatakan musik adalah candu. Candu bukan berarti negatif.

Musik terkadang bisa berguna sebagai self-healing dari masalah yang tengah kita hadapi. Kenapa seperti itu? Pada dasarnya musik adalah perpaduan nada dan suara yang menghasilkan irama, melodi, ritme, tempo, dan harmoni.

Pada dasarnya genre musik terbagi atas tiga jenis, yaitu genre musik seni, genre musik populer, dan genre musik tradisional. Dan dari genre tersebut terbagi lagi menjadi 20 genre atau aliran musik. Pada kesempatan kali ini, Ngenelo akan memberi sedikit pengetahuan tentang Jenis Aliran atau Genre Musik berikut dengan Penjelasan dan Sejarahnya.

ALIRAN ATAU GENRE MUSIK SENI

1. Musik Klasik

Penjelasan musik klasik adalah suatu istilah dari aliran musik yang biasanya mengarah pada musik yang diciptakan dari tradisi kesenian Barat, musik Kristiani, dan musik Orkestra. Periode dari musik klasik sendiri mulai dari abad 9 sampai dengan abad 21.

Pada zaman dahulu, musik Klasik hanya digunakan untuk lagu-lagu di Gereja, atau lagu untuk mengiringi para Raja. Namun seiring berjalannya waktu, genre musik Klasik digunakan untuk keperluan lain, seperti menggambarkan visual secara audio, contohnya backsound kartun Tom & Jerry, saat Jerry dikejar oleh Tom.

ALIRAN ATAU GENRE MUSIK POPULER

1. Pop

Jika kamu bertanya tentang genre atau aliran musik yang mencerminkan tentang kemodernan, maka jawabannya adalah genre musik Pop. Selain mencerminkan kemodernan atau kekinian, musik dengan genre Pop lebih mudah untuk dinikmati oleh semua kalangan, dan penikmat dari genre musik Pop ini boleh dibilang lebih banyak dari genre yang lainnya. Musik Pop mulai dikenalkan pada pertengahan tahun 1950 di Amerika Serikat dan Britania Raya.

2. Rock

Rock merupakan genre musik keras yang pertama kali dikenalkan sekitar tahun 1940 atau 1950-an, dan seiring dengan perkembangan zaman, genre musik Rock juga terus berkembang dan memiliki peminat dari berbagai kalangan. Selain itu, genre musik Rock juga terbagi atas beberapa genre, seperti Punk Rock, Heavy Metal, Alternative Rock, Progressive Rock.

Musisi terkenal yang mengusung genre musik Rock antara lain Nirvana, The Beatles, Thirty Seconds to Mars, Green Day, Avenged Sevenfold, dan masih banyak lagi. Sedangkan di Indonesia sendiri ada Slank, Ikang Fawzi, Killing Me Inside, dan masih banyak lagi.

3. EDM (Electronic Dance Music)

Jenis genre musik Electronic atau yang lebih dikenal sebagai musik EDM, merupakan genre musik yang telah lama ada, bahkan sebelum ditemukan synthesizer. Namun musik EDM mulai banyak digemari belakangan ini (mungkin) sejak kemunculan Alan Walker, Marshmello, Illenium, dan musisi EDM lainnya. Pelopor dari genre musik Electronic ini adalah Karlheinz Stockhausen, John Cage, dan Pierre Schaeffer.

4. Jazz

Genre musik Jazz mulai dikenal di Amerika sekitar awal 1900-an, dan pengertian dari genre musik Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan genre Blues Ragtime, dan musik Eropa terutama musik band.

Musik Jazz memiliki ciri-ciri ritme musik yang memiliki harmoni, improvisasi, dan dimainkan menggunakan alat musik tertentu. Musisi yang mengusung genre Jazz yaitu Raisa, Louis Armstrong, Tompi, Indra Lesmana, dan masih banyak lagi.

5. Blues

Genre musik Blues berasal dari masyarakat Afro-Amerika yang berkembang dari musik Afrika Barat. Aliran musik ini banyak mempengaruhi genre musik lain seperti Jazz, Ragtime, Rhythm and Blues, Rock n Roll, Country, dan musik Pop. Adapun musisi yang mengusung genre musik Blues adalah Eric Clapton, Jimi Hendrix, Gugun Blues Shelter, dan masih banyak lagi.

6. Funk

Genre musik berikutnya adalah Funk. Funk mulai ditemukan pada tahun 1960-an di Louisiana. Funk sendiri merupakan aliran musik yang mengandung unsur musik tarian Amerika-Afrika.

Secara umum, musik Funk dapat dikenali lewat ritme yang sering terpotong singkat, bunyi ritme yang tajam, perkusi dominan, pengaruh Jazz yang kuat, kesan gembira yang dirasakan saat mendengarnya, serta irama yang dipengaruhi musik Afrika. Contoh musisi beraliran musik Funk adalah Funky Kopral, James Brown, Red Hot Chili Peppers, sampai Michael Jackson.

7. Metal-Hardcore

Genre musik Metal adalah aliran musik yang lebih keras dibandingkan dengan musik Rock, meski terkadang ada band beraliran Metal yang memiliki lagu atau nyanyian yang melow. Genre musik Metal dapat dikategorikan keras apabila terdapat vocal scream, growl, pigsquel pada lagunya.

Contoh band yang beraliran musik Metal-Hardcore adalah Asking Alexandria, Miss May I, Bring Me The Horizon, sampai band asal Indonesia, Burgerkill.

8. Gospel

Genre musik Gospel merupakan genre musik yang didominasi oleh vokal atau nyanyian dan biasanya bertema Kristen. Subgenre musik Gospel antara lain Urban Contemporary Gospel dan Contemporary Gospel. Pada dasarnya genre musik Gospel memiliki kemiripan dengan Rock n Roll.

Sejarah munculnya genre musik Gospel adalah karena dulu dipernalkan oleh orang-orang beragama Kristen berkulit hitam di Amerika. Musisi yang mengusung genre Gospel adalah Israel Houghton. Namun saat ini genre musik Gospel telah meluas menjadi genre musik Rohani.

9. Hip Hop/Rap/Rapcore

Genre musik Hip Hop bisa dianggap sebagai subgenre musik R&B yang pada awalnya berkembang di pantai timur Amerika Serikat pada awal 1970-an dan 1980-an, yang disebut sebagai East Coast Hip Hop.

Kemudian sekitar tahun 1992, lahirlah West Coast Hip Hop dari pantai barat AS. Sedangkan Rapcore adalah perpaduan antara Hip Hop dan Heavy Metal.

10. Reggae/Ska/Dub

Genre musik Ska merupakan gabungan antara musik R&B dan musik tradisional Mento dari Jamaika, dan setelah itu berkembang menjadi Reggae dan Dub. Musisi terkenal yang mengusung genre Reggae salah satunya adalah Bob Marley.

11. Rhythm and Blues/R&B

Rhythm and Blues atau R&B merupakan genre musik yang pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika sekitar tahun 1947. R&B sendiri adalah genre musik gabungan dari Jazz, Gospel, dan Blues. Beberapa musisi terkenal yang mengusung genre R&B antara lain Drake, Chris Brown, The Weeknd, Alicia Keys, hingga Beyonce.

12. Electronicore

Genre musik Electronicore adalah gabungan antara musik metalcore dan electronic. Band pertama yang mengusung genre ini adalah band Attack Attack. Sedangan di Indonesia ada Pee Wee Gaskins.

13. Easycore

Easycore merupakan genre musik yang menggabungkan musik pop punk yang ceria dan metalcore yang gelap. Namun genre musik Easycore mendapat pertentangan dari penggemar musik metal dunia karena merusak musik metal dengan memasukkan keceriaan khas remaja milenial.

Genre musik Easycore diusung oleh A Day To Remember, Four Year Strong, New Found Glory, dan Set Your Goals pada tahun 2009.

14. Dream Pop

Beberapa musisi atau band yang mengusung genre Dream Pop antara lain Lana Del Ray, Lorde, Cigarettes After Sex, Grimes, The Neighborhood, dan Sahoarse, band asal Indonesia.

15. Future Soul

Genre ini merupakan gabungan dari R&B dan Soul. Dipopulerkan oleh Daley pada tahun 2010.

16. Djent

Genre musik Djent merupakan subgenre dari musik Metal. Ciri-ciri genre Djent adalah unik, futuristik, rumit, dan tidak biasa. Contohnya penggunaan senar gitar yang melebihi senar gitar biasanya, bisa 7 atau bahkan 9 senar.

Genre musik ini awalnya merupakan eksperimen dari Tosin Abasi bersama band instrumentalnya, Animal As Leaders. Band-band metal yang memainkan aliran musik Djent antara lain Messhuggah, Born of Osiris, dan Periohery.

ALIRAN ATAU GENRE MUSIK TRADISIONAL

1. Dangdut

Genre musik Dangdut adalah genre musik asli Indonesia, dan boleh dibilang sebagai warisan budaya Indonesia, karena genre musik Dangdut saat ini sudah mulai digemari oleh berbagai kalangan termasuk anak-anak muda. Contoh musisi yang mengusung genre musik Dangdut adalah Via Vallen, Nella Kharisma, Rhoma Irama, Didi Kempot, dan masih banyak lagi.

2. Latin

Genre musik tradisional selanjutnya adalah genre Latin, yang tentu saja berasal dari daerah Latin seperti Brasil, Argentina, Meksiko, dan lain-lain. Genre musik latin sendiri memiliki subgenre Samba. Ciri-ciri musik Latin adalah perpaduan dari suara-suara alat musik khas dari daerah Latin seperti Tambora, Maracas, dan masih banyak lagi.

3. Country

Jenis musik tradisional yang terakhir adalah genre Country yang berkembang dari budaya masyarakat Amerika berkulit putih, dan genre musik Country sangat dipengaruhi oleh genre musik Blues. Beberapa musisi yang mengusung genre Country adalah Billy Ray Cyrus, Thomas Rhett, Chris Stapleton, dan Blake Shelton.

Nah itu dia 20 aliran atau genre musik yang ada di dunia. Bukan tidak mungkin seiring berjalannya waktu dan perubahan zaman, genre musik akan terus bertambah, dan tentunya referensi genre musik yang ingin kita dengarkan juga semakin beragam. Baiklah cukup sekian Ngenelo memberikan sedikit pengetahuan tentang musik kali ini, semoga bisa menambah wawasan kamu akan keberagaman genre musik.