Pengalaman Gajian Pertama Dari Google Adsense Melalui Bank Cimb Niaga


Gajian Dari Google Adsense - Awalnya saya mulai tertarik dengan dunia blog saat duduk di bangku SMA. Saat itu blog merupakan "diary" elektronik yang mana isinya hanya cerita-cerita absurd dan nggak penting. Benakribo, Shitlicious, dan Raditya Dika adalah mentor saya dalam menulis blog. Buku-buku dan blog pribadi mereka merupakan ilmu berharga yang bisa saya dapat pada saat itu.

Setelah lulus dari SMA, blog saya seakan terlupakan, tergantikan oleh tuntutan dunia kerja. Blog yang beralamatkan normanardik.blogspot.com itu tak lagi pernah tersentuh. Memang yang namanya tuntutan itu nggak pernah menyenangkan. Padahal saya bercita-cita menerbitkan sebuah buku yang berisi kisah-kisah pribadi berdasarkan pengalaman hidup, atau biasa disebut Personal Literatur.

Seiring berjalannya waktu, dengan kondisi dunia kerja yang mulai membosankan, saya memutuskan untuk serius dengan blog tanpa mengesampingkan kerjaan saya saat itu sebagai Cost Controller di salah satu restoran. Beberapa artikel tentang percintaan berhasil saya terbitkan di blog.

Kemudian tanpa sengaja sebuah grup Blogger di muncul di beranda Facebook saya. Tanpa pikir panjang saya memutuskan bergabung dengan grup tersebut dengan tujuan untuk menambah wawasan.

Dari grup tersebut lah saya sadar bahwa blog itu ada beberapa jenis pembahasan. Bukan melulu soal "diary". Ada beberapa topik pembahasan yang bisa dibilang laris di mesin pencarian Google. Teman-teman Blogger biasa menyebutnya dengan "niche". Adapun niche-niche yang laris di mesin pencarian Google adalah:

1. Niche Pendidikan: "Blog yang membahas seputar pendidikan, soal-soal, dan lain sebagainya".
2. Niche Teknologi: "Blog yang membahas seputar teknologi, seperti harga barang elektronik, spesifikasi, tips dan trik, dan lain-lain".
3. Niche Lirik Lagu: "Blog yang isinya hanya lirik lagu ataupun lirik terjemahan".
4. Niche Umum atau Gado-gado: "Blog yang membahas semua persoalan, boleh dibilang ngenelo.com masuk ke niche ini".

Selain ada banyak niche atau pembahasan di blog, saya jadi tahu kalau blog bisa menghasilkan uang melalui Google Adsense. Berkat bantuan teman-teman di grup Blogger akhirnya blog saya bisa diterima untuk menampilkan iklan, yang artinya saya bisa menghasilkan uang dari hobi saya, menulis!

Butuh waktu berbulan-bulan bagi saya untuk bisa menikmati transferan dana dari Google Adsense. Lucunya, gajian pertama saya dari Google Adsense bukan dari blog normanardik.blogspot.com ataupun blog ini ngenelo.com, melainkan dari blog dengan niche lirik lagu yang saya buat di awal tahun 2018. Memang saat itu saya memfokuskan diri untuk membangun blog tersebut dengan alasan saya nge-blog hanya dengan bermodalkan handphone, sesekali ke warnet untuk mengedit template.

Gajian pertama dari Google Adsense masuk ke rekening CIMB Niaga saya pada bulan Juni 2019 dengan nominal Rp 1.500.000,-. Hasil dari berbulan-bulan atau bertahun-tahun bergelut di dunia blog. Nggak banyak memang, beda jauh dari suhu-suhu yang bisa menghasilkan ratusan juta dari blog, tapi lumayan buat newbie seperti saya.

Oh iya, proses untuk bisa gajian dari blog ataupun Google Adsense bisa dibilang ribet. Awalnya Google meminta kita memverifikasi PIN yang telah mereka kirim ke alamat rumah kita melalui kantor pos. Setelah itu kita juga diminta untuk memverifikasi alamat dengan cara melampirkan foto KTP, SIM, ataupun Pasport kita. Dan yang terakhir verifikasi nomor rekening. Setelah semua persyaratan terpenuhi, barulah uang bisa ditransfer.

Dari cerita saya di atas mungkin teman-teman ingin tahu bagaimana saya bisa menghasilkan uang dari blog melalui Google Adsense. Pada artikel kali ini, akan saya tuliskan caranya dengan rinci, dan kalau ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom contact yang ada di bagian footer.

1. Buat blog di blogger.com ataupun wordpress.com dengan alamat yang sesuai dengan niche ataupun pembahasan yang teman-teman kuasai.

2. Buat artikel dengan 300 kata atau lebih, 500 kata lebih bagus. Untuk mengetahui jumlah kata dari artikel, teman-teman bisa mencari tahu di Word Counter.

3. Jangan buru-buru mendaftarkan blog kalian ke Google Adsense. Pastikan blog kalian mempunyai minimal 10 artikel, dan navigasi (Privacy Policy, Disclaimer, Sitemap, Contact Us, About Us) yang baik. 

4. Setelah semua persyaratan dirasa cukup, silahkan daftarkan blog ke Google Adsense. Bagaimana cara daftar Google Adsense? Silahkan cari tahu di Google.

5. Biasanya butuh waktu minimal satu hari untuk blog bisa diterima Google Adsense. Setelah blog diterima, usahakan untuk menambah artikel sebanyak-banyaknya. Karena kunci untuk bisa gajian dari Google Adsense adalah dengan memperbanyak artikel. Bisa dibilang ARTIKEL = UANG.

Nah itu dia pengalaman gajian pertama dari Google Adsense melalui bank CIMB Niaga yang bisa ngenelo.com bagikan. Sedikit tambahan, setelah blog teman-teman diterima oleh Google Adsense, jangan pernah sekalipun meng-klik iklan sendiri ataupun melanggar ketentuan Google Adsense, karena blog kamu nantinya akan terkena banned dan parahnya blog kamu akan dihapus oleh Google.

BACA JUGA : JENIS-JENIS MONETASI DI BLOG