Tata Cara Solat Idul Adha Lengkap Dengan Lafaz Niat, Hukum, dan Penjelasan


Tata Cara Solat Idul Adha - Tidak lama lagi umat Muslim akan merayakan hari raya Idul Adha. Hari dimana umat Muslim melakukan penyembelihan hewan qurban seperti sapi, kerbau, dan kambing untuk dibagikan kepada masyarakat di sekitar area Masjid. Hari raya Idul Adha diawali dengan sholat dua raka'at dan dilanjutkan dengan khotbah. Lalu bagaimana tata cara sholat Idul Adha yang benar? Inshaa Allah pada artikel ini kami akan memberi penjelasan dan tata cara sholat Idul Adha lengkap dengan niat, dan lainnya.

Untuk hukum sholat Idul Adha sendiri, ada tiga pendapat ulama yang berbeda-beda. Seperti Mazhab Hambali, yang mengatakan bahwa sholat Idul Adha itu hukumnya fardhu kifayah. Apa itu fardhu kifayah? Sebuah hukum dalam islam yang apabila sudah ada yang mengerjakan, maka tidak ada kewajibam untuk yang lainnya.

Lalu ada pendapat dari Mazhab Hanafi yang mengatakan kalau sholat Idul Adha itu hukumnya fardhu 'ain. Yang mana wajib dikerjakan oleh umat Muslim, apabila ditinggalkan akan mendapat dosa.

Namun mayoritas para ulama berpendapat bahwa sholat Idul Adha itu hukumnya sunnah muakad. Yaitu sunnah yang sangat dianjurkan dan hampir mendekati sholat wajib. Rasulullah sendiri tidak pernah meninggalkan sholat sunnah muakad.

Pendapat dari ketiga hukum sholat Idul Adha ini berdasarkan perintah Rasulullah yang memerintahkan seluruh muslim Madinah untuk mengikuti sholat Idul Adha, termasuk budak perempuan, bahkan wanita yang sedang datang bulan pun diperintahkan untuk hadir untuk menengarkan khotbah, namun tidak diperbolehkan untuk mendekati tempat sholat.

Lalu bagaimana tata cara sholat Idul Adha?

Mungkin sebagian dari kita sudah pernah tahu tata cara sholat Idul Adha atau Idul Fitri, namun karena pelaksanannya hanya dua kali dalam setahun, ada bagian-bagian yang terlupakan oleh kita.

Tata cara sholat Idul Adha pada dasarnya hampir sama dengan tata cara pelaksanaan sholat Jum'at. Yang memdebakannya adalah khotbah disampaikan oleh khatib setelah sholat selesai dilaksanakan. Dan juga Rasulullah tidak mengajarkan pada kita untuk melaksanakan sholat sunnah qobliyah sebelum sholat Idul Adha dan sholat sunnah ba'diyah setelah sholat Idul Adha. Selain itu pada sholat Idul Adha juga tidak ada adzan dan iqomah. Berikut tata cara pelaksanaan sholat Idul Adha:

1. Niat

Untuk niat solat Idul Adha sendiri ada beberapa versi yang bisa kamu amalkan, tinggal pilih saja mana yang menurut kamu nyaman. Yang pertama ada niat yang dilafalkan, dan yang kedua ada niat yang hanya dilafalkan dalam hati. Menurut Syaikh Wahbah dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu, semua ulama sepakat bahwa tempat niat adalah di dalam hati. Dan adapun niat sendiri bukanlah syarat, melainkan disunnahkan.

Sedangkan menurut Mazhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena tidak bersumber dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Bagi kamu yang ingin melafalkan niat solat Idul Adha, niatnya sebagai berikut:


اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

(Usholli sunnatan ‘iidil Adhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati ma’muuman lillaahi ta’aalaa)

Artinya: "Saya niat sholat sunnah Idul Adha dua raka’at menghadap kiblat sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala".

Sedangkan apabila kamu jadi imam solat Idul Adha, maka niatnya seperti ini:

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا للهِ تَعَالَى

(Usholli sunnatan ‘iidilAadhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati imaman lillaahi ta’aalaa)

Artinya: "Saya niat sholat sunnah Idul Sdha dua raka’at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta’ala".

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram adalah salah satu gerakan solat dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu atau telinga sambil mengucapkan Allahu Akbar.

3. Takbir Zawaid (Tujuh Kali)

Pengertian takbir zawaid adalah takbir tambahan saat solat Idul Adha maupun Idul Fitri. Caranya sama seperti takbir biasa, namun di antara setiap takbir dianjurkan membaca dzikir dengan memuji Allah SWT. Adapun bacaan takbir zawaid atau takbir solat Idul Adha adalah:


سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

(Subhanalloh wal hamdulillah wa laa ilaha illalloh wallohu akbar)


Artinya: "Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada illah kecuali Allah, Allah Maha Besar".

4. Membaca Surat Al-Fatihah
5. Membaca Surat Al-Qur'an Lainnya
6. Rukuk Dengan Tuma'ninah
7. I'tidal Dengan Tuma'ninah
8. Sujud Dengan Tuma'ninah
9. Duduk Di Antara Dua Sujud
10. Sujud Kedua Dengan Tuma'ninah
11. Bangkit Dari Sujud dan Takbiratul Ihram Raka'at Kedua
12. Takbir Zawaid (Lima Kali)

Pada takbir zawaid yang kedua ini, bacaannya sama dengan yang pertama, namun hanya dilakukan sebanyak lima kali. Adapun bacaannya:


سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

(Subhanalloh wal hamdulillah wa laa ilaha illalloh wallohu akbar)



Artinya: "Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada illah kecuali Allah, Allah Maha Besar".

13. Membaca Surat Al-Fatihah
14. Membaca Surat Al-Qur'an Lainnya
15. Rukuk Dengan Tuma'ninah
16. I'tidal Dengan Tuma'ninah
17. Sujud Dengan Tuma'ninah
18. Duduk Di Antara Dua Sujud
19. Sujud Kedua Dengan Tuma'ninah
20. Duduk Tasyahud
21. Salam

Pada intinya pelaksanaan solat Idul Adha sama dengan solat-solat wajib lainnya, yang membedakannya hanya pada niat dan takbiar zawaid.

Selain itu dalam pelaksanaan solat hari raya Idul Adha, ada adab-adab yang mesti dilakukan. Adapaun adab-adap solat Idul Adha sebagai berikut:

1. Mandi Sebelum Berangkat ke Tempat Pelaksanaan Solat
2. Berhias dan Memakai Wewangian
3. Memakai Pakaian yang Bersih dan Bagus
4. Tidak Makan Hingga Selesai Melaksanakan Solat
5. Menuju Tempat Pelaksanaan Solat Dengan Tenang
6. Berangkat dan Pulang dari Solat Mengambil Jalan yang Berbeda
7. Dianjurkan Untuk Datang Lebih Awal
8. Bertakbir Dari Rumah Hingga Tempat Pelaksanaan Solat

Demikian penjelasan tata cara solat Idul Adha, lengkap mulai dari niat, hukum, penjelasan, hingga adab yang mesti dilakukan pada hari raya Idul Adha. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Mohon maaf apabila ada kekeliruan, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT.


BACA JUGA : TIPS AGAR PERNIKAHAN AWET

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel