Mbah Minto Viral Gegara Dagelan Gagal Mudik Dapat THR dari GanjarMbah Minto Viral Gegara Dagelan Gagal Mudik Dapat THR dari Ganjar


Sosok Mbah Minto (70) yang terkenal gara-gara video dagelan gagal mudik saat pandemi virus Corona diajak live Instagram dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar juga bakal mengirimkan THR ke Mbah Minto.
Video call antara Ganjar dan Mbah Minto itu diunggah Ganjar di akun Instagramnya @ganjar_pranowo, Sabtu (2/5). Dilihat detikcom pukul 16.00 WIB, video berdurasi 11 menit itu sudah ditonton hingga 455.664 kali dengan 1.995 komentar.

Dalam obrolan itu, Mbah Minto tampak ditemani kreator video dagelan gagal mudik Muhammad Sofyan alias Ucup (30). Bincang-bincang antara Ganjar dan Mbah Minto itu tampak cair dan penuh canda tawa. Sesekali Mbah Minto juga terlihat tidak nyambung sehingga mengundang tawa.
Misalnya saja saat Ganjar bertanya dari mana Mbah Minto yang hidup seorang diri itu makan sehari-hari. Ganjar lalu bertanya siapa yang membantu Mbah Minto dan apakah Mbah Minto bisa memasak seorang diri.

"Lha njenengan nek maem saking pundi maeme, wonten sik bantu, nopo nyambut damel (Anda kalau makan dari mana, ada yang bantu, atau bekerja)," tanya Ganjar.

"Maeme sekul pak (makannya nasi)," jawab Mbah Minto yang disambut tawa Ganjar dan Ucup.

"Woh maeme sekul, tobat aku. Ealah lha nggih sekul nopo sik dimaeme piringe (Wah makannya nasi, tobat saya. Ealah la ya makan nasi apa makan piring)," cetus Ganjar sambil menepuk jidatnya.
Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengabsen bantuan apa saja yang diterima Mbah Minto. Tawa kembali pecah ketika Ganjar bertanya soal siapa yang dipilih Mbah Minto saat Pilgub Jateng namun, malah Mbah Minto menjawab saat Pilpres.

Ganjar lalu menawarkan Mbah Minto ingin dapat kiriman apa. Mbah Minto lalu dibisiki THR oleh Ucup, dan semuanya tertawa.

"Pak Ganjar kirimi THR soyo ganteng (kirim THR makin ganteng)," kata Mbah Minto.
Jawaban itu disambut gelak tawa lagi. Ganjar berjanji mengirim THR Rp 1 juta ke Mbah Minto yang dititipkan lewat Ucup. Mbah Minto lalu mendoakan Ganjar selalu sehat.

Saat ditemui di rumahnya di Dusun Selorejo, Klaten, Mbah Minto juga bercerita soal komunikasinya dengan Ganjar. Mbah Minto bercerita soal bantuan yang ditanyakan Ganjar.

"Pak benur tanglet saget masak mboten. Tanglet pun pernah pikantuk bantuan nopo dereng, riyin pun tau (Pak gubernur tanya bisa masak tidak. Tanya pernah dapat bantuan atau belum, dulu sudah pernah)," tutur Mbah Minto kepada detikcom, Sabtu (2/5/2020).

Sementara itu, Ucup yang menemani perbicangan menceritakan live di Instagram itu mulanya akan dilakukan di rumahnya. Namun, karena sakit asam urat Mbah Minto kambuh live Instagram itu dilakukan di rumah Mbah Minto.

"Kita bawa lampu ke rumah Mbah Minto sebab di sana gelap sekitar pukul 21.00 WIB. Percakapan lebih banyak guyonan saja," kata Ucup.

Dari percakapan itu, Ucup membenarkan Mbah Minto mendapatkan THR dari Ganjar. Uang dikirim lewat rekeningnya.

"Malam itu juga THR dikirim. Melalui rekening saya untuk Mbah Minto," jelas Ucup.