Tips Penempatan Iklan Google Adsense Terbaik untuk hasilkan lebih banyak dollar






Tak bisa dipungkiri, posisi penempatan iklan Google Adsense memang menjadi salah satu faktor krusial yang bisa mempengaruhi besar kecilnya penghasilan yang diterima oleh publisher. Maka dari itu, sebagai seorang blogger maupun web developer kita tentunya harus menaruh perhatian khusus supaya hasil klik iklan menjadi lebih maksimal meski pengunjungnya belum terlalu banyak.
Lantas, bagaimana sih langkah-langkah cara mengoptimalkan penempatan iklan Google Adsense yang terbaik dan paling efisien? Langsung saja, Yuk mari kita simak point-point pembahasannya.

Tips Penempatan Iklan Google Adsense Terbaik

Mengacu pada peraturan dan kebijakan dari Google (Term of service), sebenarnya ada banyak posisi peletakan unit iklan Google Adsense yang relatif bagus untuk meningkatkan potensi pendapatan. Namun, apakah cara tersebut bisa bekerja ketika diterapkan kedalam situs Anda? Silahkan Anda buktikan sendiri melalui panduan berikut ini.

1. Bagian Atas Samping Judul

Iklan google adsense di header samping judul
Iklan google adsense di header samping judul
Posisi paling atas dari suatu website biasanya memiliki tingkat keterbacaan yang sangat tinggi. Terutama di bagian judul tempat bersarangnya identitas berupa logo atau nama blog. Alhasil, beberapa pakar kerap kali menganjurkan untuk meletakkan satu iklan memanjang di sebelah kanan judul blog agar iklan menjadi lebih potensial di baca oleh pengunjung.
Sebaiknya, jenis iklan yang ditampilkan pada bagian ini juga hanya terdiri dari gambar (bukan teks) agar lebih menyita perhatian. Selain itu, nilai Cost Per Click (CPC) untuk ADS text kadang kala lebih kecil jadi sekaligus bisa memfilter adanya klik rendah atau Smart Pricing.

2. Di tengah Artikel

Iklan google adsense di tengah artikel
Iklan google adsense di tengah artikel
Penempatan iklan di tengah artikel merupakan opsi terbaik selain meletakkan iklan di bagian atas samping judul. Pada posisi ini setidaknya Anda akan diberikan dua buah keuntungan sebagai efek dari penempatan iklan Google Adsense tersebut.
Pertama, yakni iklan Anda akan mendapatkan fokus/perhatian besar dari pembaca karena posisi iklan berada di antara konten yang mereka butuhkan. Kedua, tampilan website terlihat lebih user friendly karena iklan cukup tersamarkan dengan gambar yang ada di konten.
Sebagai mantan pemain Google Adsense yang mayoritas mengandalkan trafik lokal, tata cara peletakan iklan di tengah artikel ini bisa dibilang merupakan senjata andalan yang masih sangat relevan untuk diterapkan di jaman sekarang.

3. Di dalam postingan setelah paragraf pertama

Kemudahan mengakes sumber informasi melalui mesin pencari sedikit banyak turut berkontribusi dalam pola baca masyarakat yang semakin cepat dan meloncat-loncat. Alhasil, hanya beberapa kalangan saja yang saat ini masih suka membaca sekaligus mencermati artikel secara detail mulai dari awal hingga akhir.
Mengikuti fenomena di atas, para publisher pun mulai memutar otak untuk mendongkrak tingkat keterbacaan iklan mereka. Nah, salah satu caranya yakni dengan mengatur posisi iklan agar mau muncul di posisi setelah paragraf pertama secara otmatis di setiap artikel yang ada.
Bagaimana caranya? Anda bisa mencoba plugin Ad Inserter atau Quick Adsense untuk melakukan setting penempatan iklan Google Adsense di sela-sela setelah paragraf pertama.
Sangat menarik bukan? Tapi bagaimana caranya? Jika berminat untuk mencoba memasang iklan di posisi ini salah satu plugin yang kami rekomendasikan adalah Ad Inserter. Selain itu, Anda juga bisa mencoba plugin Quick Adsense untuk melakukan setting penempatan iklan Google Adsense di sela-sela setelah paragraf pertama.
4. Di bawah Artikel
Iklan google adsense di bawah artikel
Iklan google adsense di bawah artikel
Untuk iklan di posisi akhir artikel sangat disarankan memilih tipe text serta gambar responsive dengan ukuran besar dan lebar. Hal tersebut salah satunya bertujuan agar pengunjung langsung melihat tampilan iklan setelah selesai membaca artikel ataupun ketika sedang melakukan scroll menuju akhir halaman.
Posisi penempatan iklan Google Adsense di bawah artikel ini sedikit banyak juga menjadi favorit para blogger professional karena bisa menjadi opsi exit yang menguntungkan setelah pembaca berhasil dipengaruhi oleh isi artikel.

Unit Iklan Google Adsense yang Banyak Digunakan


1. Iklan Text

Sama seperti namanya, iklan ini bentuknya hampir menyerupai link text pada umumnya yang biasa digunakan untuk menampilkan tautan menuju sumber informasi terkait. Walaupun kurang modern, iklan jenis ini justru banyak diminati karen tidak memakan banyak ruang serta memiliki persentasi CTR lumayan tinggi.

2. Iklan Responsive

Rasanya tak perlu dijelaskan lagi mengapa iklan responsive layak untuk masuk dalam daftar unit iklan Google Adsense terbaik pada kesempatan kali ini. Di era mobile ukuran iklan jenis ini mampu menyesuaikan dengan kondisi luas layar maupun sistem operasi. Alhasil, user experience tidak akan terganggu dengan besar kecilnya banner iklan yang dipasang.

3. Iklan In Article

Seiring dengan perkembangan jaman, Google terus berupaya dalam menghadirkan inovasi di setiap produk mereka. Salah satunya yakni inovasi iklan In Article di Google Adsense yang bentuknya sangat dinamis menyesuaikan dengan dimensi perangkat yang digunakan. Posisinya yang berada di antara konten juga membuat iklan ini ramah terhadap klik.

Penutup

Itulah tips penempatan iklan Google Adsense terbaik yang menurut kami paling efektif untuk menarik banyak klik. Dengan berbekal penempatan iklan seperti di atas, hasilnya terbukti lumayan mumpuni lho! Untuk penghasilan perbulan misalnya, biasanya sudah lebih dari cukup untuk sekedar bayar sewa hosting murah atau traktir makan teman.
Meski begitu, performa CPC dan CTR tiap-tiap pemain Google Adsense tentu tidak bisa dipukul sama rata. Pasalnya, angka BID tertinggi masing-masing nice blog juga memiliki pengaruh signifikan selain posisi penempatan iklan yang dibuat secara optimal.
Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mempraktekkan ilmu di atas? Atau jusru ada pertannyaan lain yang ingin disampaikan?

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel