Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Kartu Prakerja Gelombang 12, Siapkan Ini Agar Langsung Diterima

Pemerintah akan membuka kembali pendaftaran kartu prakerja Gelombang 12 dalam waktu dekat dan ini merupakan kesempatan bagi anda yang belum pernah mendaftar atau yang belum lolos gelombang sebelumnya.

Seperti diketahui, program bantuan pemerintah melalui program kartu pra kerja yang dimulai tahun 2020 ini dapat menampung hingga 11 gelombang pendaftaran yang menurut data Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso, jumlah penerima manfaat program kartu pra kerja hingga angkatan 11 5.9. Satu juta orang dari total 43 juta orang yang terdaftar.

Yang mendapatkan bantuan kartu pra kerja ini adalah mereka yang telah lolos verifikasi data, seperti email, nomor telepon, dan nomor induk kependudukan (NIK) serta verifikasi kartu keluarga (KK).

Laman ngenelo mengabarkan bahwa Susiwijono mengatakan, “Artinya hanya satu dari empat orang yang mendaftar yang mendapat kartu pra kerja. Karena dari 19 juta, baru 5,9 juta yang diterima sebelumnya, jadi masih banyak yang belum mendapatkan program ini, “

Lantas, benarkah informasi yang ramai di media sosial tersebut?

Penjelasan pihak Prakerja

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan, sebagian besar insentif disalurkan pada Desember.

Sedangkan, apakah benar insentif akan diterapkan kembali pada 5 Januari 2021?

Louisa membenarkan informasi tersebut.

“Insentif akan didistribusikan lagi mulai 5 Januari 2021,” kata Louisa saat dihubungi Compass.com, Sabtu (19/12/2020).

Hal itu, kata dia, karena penyesuaiannya dengan penutupan tahun anggaran 2020

Informasi yang diungkap Louisa itu dibagikan di akun Instagram resmi Prakerja, @prakerja.go.id

Program Bantuan Kartu Prakerja 2021

Ada persyaratan dasar yang harus diketahui masyarakat bahwa penerima Program Kartu Pra-Kerja tahun 2020 tidak akan dapat menerima bantuan ini pada tahun 2021 dan ini demi kesetaraan seluruh angkatan kerja.

Oleh karena itu, ini menjadi kesempatan bagi mereka yang belum mendaftar atau mendaftar dan tidak lolos verifikasi karena berkesempatan mendapat bantuan dari Program Kartu Pra Kerja 2021 mendatang. Adapun syarat yang harus diketahui untuk lolos verifikasi data adalah sebagai berikut:

Persyaratan :

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 18 tahun
  • Sedang tidak dalam pendidika formal (Sekolah/Kuliah)

Cara Daftar

  • Untuk proses daftarnya, langkah pertama adalah buka browser di laptop/pc ataupun Smartphone kemudian masuk ke website www.prakerja.go.id
  • Klik menu “Daftar Sekarang” dengan mengisi data email, nomor Hp yang aktif dan detail nama lengkap.
  • Ikuti langkah-langkahnya dan isi data sesuai dengan KTP agar proses verifikasinya bisa lolos.
  • Setelah sukses mendaftar akun dan aktif, anda langsung mengikuti “Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar” secara online di situr prakerja.
  • Pada saat Gelombang 12 sudah dibuka nanti, anda tinggal login dan klik “Gabung”
  • Setelah semua proses di atas diselesaikan, tunggu pengumuman lolos seleksi melalui SMS. atau bisa langsung cek di dashboard website prakerja sehari setelah proses pendaftaran ditutup.

Jadi ini adalah syarat daftar kartu pra-kerja untuk angkatan 12 nanti dan bagi mereka yang tidak memiliki akun, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.